Wednesday, August 3, 2011

DIET SELAMA BULAN PUASA

Diet Selama Bulan Puasa - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dimana umat Islam berlomba-lomba untuk menjalankan ibadah puasa dan memperbanyak amalan.Tahukah anda, tanpa disadari dengan menjalankan ibadah puasa bisa membuat Berat Badan jadi turun tanpa mengurangi niat dan kekhusyukan dalam menjalankannya.
Memang secara logika jelas saja BB akan turun karena selama puasa cuma makan 2x sedangkan hari-hari biasa kita makan 3x bahkan bisa lebih.Akan tetapi, tanpa pengaturan yang tepat bisa jadi badan kita malah melar.ga percaya???coba aja!!!saat berbuka langsung melahap semua makanan yang ada,sepiring nasi dengan beberapa lauk dan sayur didalamnya,segelas jus,beberapa buah kurma dan masih ditambah lagi semangkuk kolak.Waah bisa dijamin nanti di akhir bulan puasa BB akan mengalami kenaikan.Apabila kita bisa melakukan pengaturan makan dan olahraga dengan tepat selama bulan puasa,BB bisa mengalami penurunan sampai 3 kg bahkan bisa lebih.





Berikut ini ada beberapa tips diet selama bulan puasa :

SAHUR
- Waktu sahur diusahakan mendekati waktu Imsyak
- Makan secukupnya dengan menu seimbang, ada karbohidrat, protein,vitamin dan mineral
- Konsumsi protein hewani atau lemak dengan cara direbus/kukus atau dipanggang
- Ganti nasi dengan karbohidrat kompleks misal beras merah, kentang rebus
- Pilih sayur yang berkuah
- Buah - buahan yang banyak mengandung air dan kaya vitamin C seperti apel, pir, melon.
- Minum segelas susu
- Hindari makanan instan seperti mie

BERBUKA
- Dahulukan mengkonsumsi makanan atau minuman manis ringan seperti teh manis, kurma.
- Setelah makan takjil, beri jeda waktu sekitar setengah sampai satu jam sebelum
mengkonsumsi makanan utama.
- Konsumsi makanan utama dengan porsi kecil berupa karbohidrat kompleks tinggi serat, tanpa
lemak dan rendah kolesterol
- Bila ingin ngemil, pilih buah - buahan yang kaya akan serat.
- Hindari minum kolak saat berbuka, ganti dengan segelas jus

OLAHRAGA
- Waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa yaitu setelah sahur, menjelang buka puasa
atau setelah tarawih
- Jenis olahraga yang dipilih yaitu olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda

Demikian tips diet selama bulan puasa, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!!!

tags : diet, puasa
 

0 comments: